Liburan di Kota Batu, Malang memang sagat menyenangkan karena salah satu kota yang ada di Jawa Timur ini memilliki banyak destinasi tempat wista yang banyak yang masih alamu dan sejuk.

Tidak hanya taman dan perkebunan saja yang ada di kota malang, namun juga ada wisata ekstem yang sudah siap menantang adrenalin anda, yaitu adalah Wisata Rafting atu iasa di sebut dengan Arung Jeram.

 Berelokasi di Jln, Raya Pandanrejo No. 19 Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Yanag letaknya di sekitar 2 km dari alun-alun kota Wisata Batu dan berada di daerah persawahan yang kurang lebih dari 500 m dari jalan pandanrejo. Biasanya wisata Rafting khusus bagi para pecinta olahraga air yang eksteam saja yang memiliki keberanian dalam bertarung melawan derasnya air dan berbagi rintangan.

Hal ini berbeda dengan wisata rafting di kaliwatu ini mengijinkan bagi iapapun untuk mencoba olahrag yang satu ini karena disini sudah di pandu oleh staf  yang sudah profesional dari pihak pengelola wista jeram ini. Di setiap perahu akan ditemani oleh salah seorang guide untuk menghalau atus sungai agar perahu kart yang di tumpangi tidak terbalik. Salah seorang guide ini akan berada di belakan perahu untuk mengatur keseimbangan kapal yang berjalan mengikuti ars sungai yang di penuhi oleh bebatuan besar di tengah dan pinggiran sungai.

Dengan di temani oleh seorang guide yang sudah mengenal seluk beluk titik rawan sungai para wisatawan jadi akan lebih tenang dan aman ketika bergelud dengan arus sungai yang deras itu. Selain itu di titik-titik lokasi berbahaya  sudah ada tim penyelamatt yang sudah standbay untuk melakukan pertolongan jika para wisatawan terjatuh ke sungai.

Hal itu juga adalah salah satu fasilitas yang diberikan pihak pengelola demi keamanan sehingga pengunjung dapat menikmati rafting dengan nyaman. Wisatawan akan di uji mentalnya selama melaksananakan pengarungan di sungai yang deras  hal seru ketika perahu karet di hempaskan oleh ombak ke kanan dan kekiri sama seperti menaiki wahana roller coaster tapi di air.

Selain itu, pengunjung akan di kagetkan oleh perahu yang akan tertabrak oleh bebatuan dan hinag kendali sehingga mengakibatkan perahu terbalik jika semua penumpangnya tidak bisa mengimbangkan perahu. Setiap penumpang akan di lengkapi oleh fasilitas baju pelampung, helm keamanan dan dayung untuk menghindari tabrakan dengan bebatuan.

Sebelum melaksanakan penagarungan pengunjung kana di berikan pelatihan atau training tentang teori dalam melalui derasnya ir singai. Ada juga pelatihan praktek mendayung dalam segala situasi, ketika menghadapi bebatuan besar ataupun jeram-jeram lainnya. Juga ada pelatihan lainnya adalah bagaimana caranya agar kekompakan tim bisa kompak sehingga bisa saling membantu demi kamanan tim. Dan dengann adanya pelatiahan ini semua penginjung akan bisa meraskan wisat rafting kaliwatu, bahkan bagi yang masih pemula juga di perbolehkan bermain.

Semua pengunjung bisa mencob sensasi berpetualangan menyusuri dersnya air sungai brantas dan juga menikmati serunya kebersamaan berlayar di perahu karet. Selain wisata rafting oleh pihak pengelola juga menyediakan wahana outbound yang cocok untuk melatih mentar para pengunjungnya. Wisata ini juga baik untuk wahana bermain dan juga untuk melatih mental anak agar bisa lebih akrab dengan alam sekitar. Kegiatan outbound adalah salah satu wisata yang cocok untuk mnguji mental para wisatawan dan sangat berermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Di kota Malang dan sekitarnya ternyata masih ada banyak lokasi rafting yang sangat seru dan menyenangkan loh. Jadi mau coba berwisata jeram di mana ini?